Sunday , 18 November 2018
Home / Kebetulan Jalan-jalan / Menuju Selayar! (#SelayarTrip)

Menuju Selayar! (#SelayarTrip)

Suara dengung mesin pesawat terbang membangunkan saya dari tidur. Di luar jendela, suasana terlihat gelap. Tampak petugas bandara hilir mudik di sekitar.

Saya menerka-nerka jam berapa saat ini. Lalu, mencoba melihat jam tangan dalam kegelapan (yang ternyata tak terlihat jelas), sementara telepon seluler sudah dimatikan sejak boarding. Ketika menoleh ke samping, tampak doski sedang tidur di sebelah saya. Demikian pula 200 penumpang lainnya yang sama-sama berada di pesawat GA 640 jurusan Jakarta – Ambon melalui Makassar.

Menyadari pesawat berdiam di landasan, saya jadi berpikir, ini masih di Jakarta atau sudah di Makassar, tempat tujuan kami?

Tak perlu lama untuk mengetahui bahwa kami masih di Soekarno Hatta dan saat ini adalah pukul dua pagi. Woww…. itu artinya… hampir dua jam kami berdiam di sini. Saya ingat, pukul 00.00 WIB tadi kami dipersilakan masuk pesawat. Setelahnya, saya tak ingat apa-apa lagi karena langsung tidur begitu duduk di kursi pesawat!

Sambil mengumpulkan kesadaran, pelan-pelan saya merasakan pesawat mulai bergerak. Benar saja, tak lama kemudian ia pun take off setelah 2 jam delay di landasan.

Kami bisa memaklumi keterlambatan hingga dua jam ini. Cuaca di beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta, sedang tidak cerah akhir2 ini. Hujan turun sejak kemarin. Mungkin inilah yang membuat sejumlah penerbangan malam ini tertunda.

Saya sendiri sudah sangat bersyukur bisa tiba di bandara Soekarno – Hatta tepat waktu. Jakarta diguyur hujan deras dan dilanda banjir di sejumlah kawasan, termasuk sekitar kantor saya di Cempaka Putih. Saya baru keluar kantor jam 16.00 WIB dan tiba di rumah pukul 19.30 WIB. Pemesanan taksi menuju bandara melalui aplikasi daring tak berjalan mulus. Kami akhirnya berhasil mendapatkan taksi pukul 21.00 WIB dan segera melaju ke Cengkareng melalui tol JORR Veteran – Bandara. Hujan, banjir, dan libur akhir pekan panjang membuat kami khawatir kondisi jalan menuju bandara akan macet. Alhamdulillah, kekhawatiran kami tak terbukti. Perjalanan dari rumah menuju Soekarno – Hatta berjalan lancar!

Setelah tertunda selama dua jam dan menempuh perjalanan selama dua jam pula, akhirnya kami menginjak bumi Sulawesi Selatan juga.

Di sambut hujan, kami tiba dengan selamat di bandara internasional Hasanudin pukul 04.45 WITA. Setelah mengurus baggage claim, kami lalu menuju hotel Ibis Budget Airport Makassar, yang terletak 100 meter dari pintu kedatangan, untuk istirahat. Mengenai hal ini, nanti akan saya ceritakan dalam artikel sendiri.

Setelah bebersih diri dan tidur-tidur ayam (si doski yang tidur, saya sih nggak bisa tidur sama sekali), pukul 07.00 WITA kami sudah packing kembali dan sarapan di lobi hotel sebelum kemudian check out dan segera ke bandara.

Di bandara, kami check in di konter Wings Air untuk menaiki pesawat kecil jenis ATR menuju Pulau Selayar. Wilayah ini secara administratif bernama Kabupaten Kepulauan Selayar dan termasuk ke dalam wilayah pemerintahan Propinsi Sulawesi Selatan.

Mungkin karena libur akhir pekan panjang, bandara Hasanudin tampak ramai pada hari itu. Bukan saja oleh turis domestik, tapi juga turis mancanegara yang kami tenggarai akan diving di kawasan Indonesia Timur. Serombongan turis asal Amerika Serikat yang belakangan kami ketahui akan menuju Sorong terlibat diskusi serius dengan petugas konter Wings Air mengenai kelebihan bagasi.

Alhamdulillah, keberangkatan pesawat IW 1316 B dengan rute Makassar – Selayar berjalan tepat waktu. Gerimis masih menemani kami di penerbangan pagi hari itu saat pesawat take off pukul 08.55 WITA.

Kami tiba di bandara H. Aroeppala sekitar pukul 09.45 WITA setelah menempuh penerbangan selama 40 menit. Sopir hotel yang ditugaskan untuk menjemput kami telah menanti.

Perjalanan kami di Pulau Selayar pada 16 – 18 Februari 2018 pun dimulai.

Nantikan cerita selanjutnya!

Tanah Kusir, Minggu, 25-02-2018,

@Melok Roro Kinanthi

Check Also

Nyobain Check In 2,5 Jam Saja di Ibis Budget Airport Makassar (#SelayarTrip)

Yess, benar. Singkat. Hanya dua setengah jam saja kami check in di hotel ini, Sodara-Sodara! ...